Kulit Wajah Jadi Putih dengan Masker Bengkoang

Kulit Wajah Jadi Putih dengan Masker Bengkoang – Mau punya kulit wajah yang putih dan cerah tak harus keluar biaya mahal. Bahkan dengan bahan-bahan alami sederhana yang ada di sekitar kita, kita masih bisa membuat kulit wajah menjadi semakin bersih dan cerah. Sebut saja bengkoang atau besusu dalam bahasa Jawa. Buah yang berbentuk umbi ini sebenarnya memiliki manfaat yang besar dalam dunia kecantikan. Buah atau umbi bengkoang ini sering dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan industri kosmetik.


Umbi bengkoang biasa dijual orang untuk dijadikan bahan pembuatan rujak, asinan, manisan, atau dicampurkan dalam masakan tradisional seperti tekwan. Umbi bengkoang sebaiknya disimpan pada tempat kering bersuhu 12 °C hingga 16 °C. Suhu lebih rendah mengakibatkan kerusakan. Penyimpanan yang baik dapat membuat umbi bertahan hingga 2 bulan. Umbinya mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium. Umbi ini juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90%. Umbi bengkoang yang bersifat alkali atau basa sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang mempunyai penyakit maag tanpa dicampur dengan garam atau sambal. Rasa manis berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin), yang tidak bisa dicerna tubuh manusia. Sifat ini berguna bagi penderita diabetes atau orang yang berdiet rendah kalori.

Manfaat bengkoang tak hanya di bidang kesehatan namun juga bermanfaat dalam bidang kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat bengkoang dalam bidang kecantikan:

1. Membuat kulit lebih putih dan cerah
Dalam dunia kecantikan, khasiat bengkoang sudah sangat populer dalam membuat kulit menjadi lebih putih dan cerah. Sebab bengkoang mengandung banyak vitamin B1 dan vitamin C yang bekerja bersamaan untuk menyehatkan dan menjadikan tampilan kulit lebih cerah berseri. Untuk mencerahkan wajah dengan bengkoang, Anda bisa memanfaatkannya untuk masker. Kupas bengkoang segar, kemudian haluskan memakai blender atau parutan. Setelah itu, pakailah parutan daging buah bengkoang ini sebagai masker wajah.

2. Mencegah proses penuaan dini
Bengkoang sangat bagus digunakan untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini. Sebab buah ini ternyata tinggi akan kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menjadikan kulit lebih cepat menua. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda tinggal mengonsumsi buah bengkoang segar secara rutin.

3. Mendinginkan kulit
Umbi bengkoang mempunyai kadar air yang tinggi beserta sifat anti-inflamasi di dalamnya dapat bermanfaat untuk mendinginkan kulit dan mengurangi rasa perih dan terbakar pada kulit. Oleskan masker bengkoang pada kulit tubuh dan wajah yang terkena sinar matahari tadi. Anda bisa mendinginkan irisan buah bengkoang di dalam lemari es terlebih dahulu sebelum memarutnya.

4. Menjadikan kulit lebih sehat
Umbi bengkoang mengandung vitamin C, vitamin B1, dan berbagai mineral penting yang bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan segar. Caranya ialah dengan mengkonsumsi buah bengkoang segar atau dibuat jus secara rutin.

Demikian beberapa khasiat atau manfaat buah bengkoang dalam kecantikan kulit. Selain bengkoang, Anda juga bisa memutihkan wajah dengan menggunakan susu atau buah mentimun. Selamat mencoba.